Kejaksaan Tinggi Riau Gelar Rapid Test Pegawai

0

PEKANBARU, datariau.com – Sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19 ataupun Corona, pemerintah sudah mulai melakukan rapid test di beberapa wilayah di Indonesia. Hal tersebut juga dilakukan di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Senin pagi (11/5/2020).
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau Dr Mia Amiati pada kesempatannya menjelaskan kepada wartawan bahwa kegiatan ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona lebih luas lagi.
"Ini ditujukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa aja yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah," ujar Kajati Mia Amiati kepada datariau.com.
Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19.
"Tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Pemeriksaan ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus ini," terang Mia Amiati.
Lanjutnya, hal ini juga sejalan dengan pimpinan di Kejaksaan yang telah memerintahkan kepada para Kajati diseluruh Indonesia untuk melakukan Rapid Test Covid-19.
"Ini intruksi Presiden Joko Widodo terkhususnya pimpinan Kejaksaan untuk melakukan rapid test covid-19, hari ini kembali kita lakukan rapid test di instansi kita (Kejati Riau, red)," tuturnya.
Ditambahkan Kajati Riau ini, dirinya menghimbau kepada seluruh jajaran pegawai baik di Kejati maupun di masing-masing Kejari se wilayah Riau pantau terus kondisi kesehatan kita.
"Bila muncul gejala Covid-19, seperti batuk, demam, suara serak, dan sesak napas, segera hubungi fasilitas layanan kesehatan atau hotline covid-19 untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Dr Mia Amiati.
Untuk diketahui dari kegiatan rapid test covid-19 yang digelar Kejati Riau tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan non pegawai sekitar 924 orang. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.