Masa Pandemi Covid-19, Pekerjaan Drainase Wilayah III Tualang Dikerjakan, Lurah: Cuma Izin Survei Lokasi

0

SIAK, datariau.com – Dimasa pandemi wabah virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Generik Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Daerah Permukiman (DPU Tarukim-Perkim) Kabupaten Siak Riau.
Adapun kegiatan infrastruktur tersebut pembangunan drainase wilayah III di Kecamatan Kerinci Kanan, Lubuk Dalam dan Tualang Kabupaten Siak dengan tanggal pengerjaanya pada 16 April 2020 atau dengan waktu pelaksanaan 120 hari kalender.
Ad interim untuk besaran biaya pembangunan drainase sepanjang 250 meter dengan nilai kontrak sebesar Rp 275.158.566,10,- mulai terlihat pemasangan mall maupun besi wiremesh (M8) diduga tanpa dilengkapi dengan lantai kerja.
Pengerjaan itu dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV Menara Kawan dengan konsultan pengawas CV Annisa Cipta Konsultan melalui Aturan Pendapat Belanja Kawasan (APBD) Kabupaten Siak Tahun Aturan Tahun 2020.
"Ini project diduga dan sepertinya didapatkan oleh kontraktor asal luar daerah (Pekanbaru) dengan pemilik kontraktor berinisial MY," kata salah satu warga setempat yang enggan namanya disebutkan tentang project Rp275 juta tersebut.
Menurutnya diduga project ini juga tidak memperkerjakaan masyarakat tempatan sekitar. Beberapa waktu lalu, kabarnya juga ada sejumlah orang yang berkumpul dan meninjau lokasi namun tidak melibatkan salah satu lembaga setempat atau semacamnya.
"Informasinya sempat terlihat beberapa orang yang berdiri dekat lokasi situ, kabarnya meninjau lokasi dan tidak terlihat yang lainya, selain salah satu perangkat Pemerintah setempat," ujarnya.
Menanggapi hal tersebut Kepala Kelurahan Perawang Nanang Suhendar SSTP dihubungi melalui sambungan kontak seluler mengatakan sebelumnya pihak kontrak hanya memberikan sekedar melakukan pengecekan atau survei lokasi tersebut.
"Tadi salah satu wartawan juga tanya itu, kalau tidak salah itu project aspirasi dewan, kalau izin tidak ada, cuma izin survei lokasi aja kemaren, dan sebatas itu aja," terang Nanang kepada datariau.com, Senin (11/5/2020) sore.
Sampai isu ini tayang dilaman isu online datariau.com, wartawan masih mencoba melakukan konfirmasi kepada pihak dinas terkait tentang pembangunan drainase wilayah III ketika ini, dan salah satunya wilayah Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.(Eman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.