Tak Miliki Izin, Cucian Motor Awi Disegel Satpol PP Meranti

0

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kepulauan Meranti menyegel salah satu kawasan perjuangan cucian motor yang berada di Jalan Rintis, Selatpanjang.
Penyegelan yang dilakukan oleh aparat penegak perda tersebut lantaran cucian Salju AWI tidak memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) semenjak 4 tahun lalu beroperasi.
Kepala Satpol PP Kepulauan Meranti, Helfandi melalui Kepala Bidang Penegak Perda Satpol PP, Piskot Ginting mengatakan sebelum dilakukan penyegelan, pihaknya sudah memanggil pemilik ke kantor untuk mempertanyakan tentang perizinan yang dimiliki.
"Awalnya pemilik mengakui mempunyai izin, namun dokumen perizinan berada di Pekanbaru. Setelah kita lakukan interogasi lanjutan, makanya dia mengakui jika tidak ada izin," kata Piskot.
Dikatakan Piskot, pemilik berkilah kalau izin perjuangan yang ingin diurus perizinannya terkendala sertifikat tanah karena dia mengontrak.
"Alasan dia tak punya izin karena terkendala sertifikat tanah untuk mengurus, dia mengatakan tidak mendapatkan dokumen itu dari pemilik lahan tempat dia mengontrak, tapi apapun alasannya kita tidak mau tahu," ujarnya.
Piskot menambahkan penyegelan baru mampu dibuka setelah pemilik perjuangan mengurus izin di dinas terkait.
"Jika pemilik mengurus izin baru kita buka segelnya, jika dirusak segelnya maka akan dikenakan pidana," kata dia.
Diceritakan Piskot, saat ingin melakukan penyegelan, pihaknya menerima intervensi dari pihak tertentu bahkan oknum anggota DPRD.
"Sebelum kita melakukan penyegelan kita banyak mendapat tekanan dan intervensi dari pihak tertentu. Bahkan saya juga mendapatkan telepon dari oknum anggota DPRD terkait penyegelan ini," pungkas Piskot.
Ad interim itu, pemilik perjuangan Endy Suhandi alias Awi mengakui kalau izinnya belum diurus semenjak beroperasi. Awi juga mengaku kalau tidak ada pajak yang dibayarkan.
"Belum diurus karena tidak ada surat tanah sebagai dokumen pelengkap. Untuk pajak kalau tak salah saya juga belum ada bayar," tukasnya.(Put)

Leave A Reply

Your email address will not be published.