Trend Masker di Tengah Wabah Covid-19

0

DATARIAU.COM – Kenyataan ketika ini covid-19 yang adalah penyakit yang diperangi insan dari belahan dunia manapun, untuk itu masyarakat atau pun pemerintah mencari solusi pencegahan tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan masker. Sehingga banyak dari sudut kalangan masyarakat yang menjual dadakan masker beragam warna dan bentuknya. Mengambil sebuah kentungan dimana sedang mengalami krisis perekonomian dan mencari celah yang adalah incaran sebuah masyarakat pada umumnya. Masker yang ketika ini kita lihat bukan menjadi bahan untuk pencegahan masuknya penyakit melainkan sebuah ajang animo dan hanya mengikuti peraturan yang ada pada kawasan tersebut untuk keluar rumah padahal fungsinya sudah sangat terang untuk menghindari terkena paparan virus.
Masker adalah alat pencegahan penyakit melaui udara dan melindungi dari saluran pernafasan atau pun percikan bersin dan batuk orang lain. Untuk itu masker menjadi incaran semua kalangan masyarakat demi mengantisipasi sebuah paparan penyakit yang ada. Sehingga dengan demikian tak banyak masyrakat berimajinasi untuk membuat masker sendiri yang sesuai dengan cita-cita mereka. Menurut data kesehatan dunia (WHO) Masker menjadi penting di tengah pandemi Covid-19 setelah beberapa negara yang menerapkan aturan ketat pemakaian masker terbukti bisa menekan angka penularan. Penelitian di AS juga menyebutkan bahwa cairan yang dikeluarkan ketika bersin dan batuk mampu mencapai 6-8 meter. Padahal, sebelumnya WHO menyarankan agar orang sehat tidak perlu memakai masker. Cukup jaga jarak sekitar 2 meter. Itu diyakini sebagai jarak aman dari penularan saat ada orang bersin atau batuk. WHO membuka diskusi lagi untuk melihat bukti-bukti baru guna menentukan apakah bakal ada atau tidaknya perubahan dalam rekomendasi penggunaan masker.
Mirip kita ketahui untuk ketika ini pekanbaru memberlakukan PSBB dan dengan adanya PSBB (17/4/2020) masyarakat harus menggunakan masker dan sepeda motor tidak boleh membawa penumpang untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Demikian betapa pentingnya masker untuk masyarakat Riau ada umumnya.
Untuk itu pemahaman akan sebuah masker ini penting bagi masyarakat untuk mengetahui mana yang sesuai dengan anjuran dokter dan mana yang tidak sesuai untuk digunakan kelayakannya. Pemahan ini penting guna mengetahui masker yang layak dipakai oleh masyarakat, dengan melihat kondisi ketika ini banyaknya pedagang dadakan akan jual banyak sekali macam masker tetapi dengan standar masker yang seadanya dan banyak masker yang mampu dikatakan tidak sempurna untuk digunakan dengan bahan yang tipis atau sebagainya.
Hal ini mengacu kepada sebuah kearifan masyarakat mengenai sebuah pengetahuan akan virus Covid-19. Bukan hanya itu masyarakat juga harus mempertimbangkan sebuah kelayakan yang akan digunakan apabila cara untuk menghindari Virus Covid-19. Untuk itu mencegah sebah penularan virus kita dianjurkan untuk menjaga jarak dengan siapapun hal ini membuat dari semua kalangan masyarakat dengan masker dadakan yang sesimpel mungkin. Tapi kalau kita lihat untuk ketika ini masker yang dominan dibuat masyarakat menghilangkan nilai-nilai akan mencegah dan manfaatnya untuk terhindar dari sebuah virus. Melainkan hanya sebuah gaya yang menjadi sebatas pemakian dari kalangan masyarakat, sehingga beranggapan sudah makai masker yah sudah berarti sudah mengikuti sebuah penanganan tanpa meliat dari kualitas simasker tersebut. Dan hanya sebatas mengikuti peraturan pemerintah.
Sehingga masker untuk ketika ini yang banyak kita lihat adalah masker kain yang mampu dipakai setiap hari oleh masyarakat sehingga masyarakat pun harus rutin mencucinya. Animo masker iniah yang jadi sorotan yang akan terjadi adanya wabah covid-19 sehingga di sini penulis menghimbau agar sama-sama kita menggunaan masker apabila keluar dari rumah dan ikuti anjuran pemerintah. Karna kita tidak tahu dari mana datangnya virus tersebut maka dari itu sebelum terkena lebih baik kita menghindri dari pada mengobati. *Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Riau

Leave A Reply

Your email address will not be published.